Yamaha YZR M1 merupakan sebuah proyek yang digarap oleh Kouichi Tsuji. YZR M1 yang diusung di kelas para Raja alias kelas MotoGP memiliki spesifikasi mesin berkapasitas 1000cc, 4 silinder dengan lebar diameter silinder 88 milimeter dengan bobot maksimal 153 kg ( 801 - 1000cc) sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh FIM. Sedangkan mesin yang digunakan selama satu musim adalah sebanyak 6 buah, dan jika memakai mesin lebih dari yang sudah ditetapkan maka seorang pembalap akan dikenakan pinalti yang berupa melakukan start (starting grid) dari jalur pit lane 10 detik setelah balapan dimulai.
Kecepatan tertinggi New Yamaha YZR M1 yaitu berada pada angka 340 km/jam. Untuk melahap semua lap, Yamaha YZR M1 membutuhkan tangki yang memiliki volume berkapasitas 21 liter dengan tekanan bahan bakar maksimal berada di angka 10 bar. Valentino Rossi tentunya belum melupakan bagaimana sensasinya menunggangi Yamaha YZR M1, terlebih lagi karena memang skill dan pengalamannya memang dimatangkan oleh dua pabrikan besar asal Jepang, yaitu Honda dan Yamaha. Semenjak bergabung dengan tim biru ini saja Rossi sudah berkali-kali menjadi juara dunia, diantaranya adalah:
Pada tahun 2004 Juara dunia Motogp, Gauloises Fortuna Yamaha team
Pada tahun 2005 Juara dunia Motogp, Gauloises Yamaha team
Pada tahun 2008 Juara dunia Motogp, Fiat Yamaha team
Pada tahun 2009 Juara dunia Motogp, Fiat Yamaha team.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar